Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memotret Objek Yang Bergerak Dengan Teknik Photo Panning

Teknik foto panning harus diketahui oleh oleh seorang photographer. Jika anda adalah fotografer professional tentu sudah paham tentang teknik ini.

Foto panning sering digunakan seorang fotografer untuk memotret objek yang bergerak. Misalnya seorang fotografer olahraga Balap Moto GP, Moto Cross, Sepak Bola, F1 dan lainya.

Memotret objek yang bergerak cepat selain harus didukung dengan kamera yang bagus seorang fotografer harus paham dan menguasai benar tentang teknik panning.

Gambar foto balap motor dengan teknik panning

Pengertian Panning

Pengertian foto panning menurut hemat saya yaitu teknik fotografi yang digunakan untuk membekukan gerakan benda yang bergerak. Ini bertujuan untuk mengatasi masalah dalam menangkap objek yang bergerak cepat.misalnya memotret motor yang melaju kencang maka agar hasil foto menjadi jelas dan tidak buram dibutuhkan teknik panning ini.

Ciri-ciri foto menggunakan teknik panning adalah fokus dengan tajam terhadap objek yang bergerak cepat sedangkan backgroundnya terlihat blur atau kabur.

Jika anda seorang pemula yang baru belajar fotografi dan belum mengetahui teknik panning ini, berikut ini ada beberapa hal yang harus anda tahu tentang teknik panning.

8 hal penting dalam melakukan teknik panning
  1. Pilih Shutter Speed yang lebih rendah dari yang sering anda gunakan. Mulailah dengan 1/30sec kemudian coba-coba dengan Shutter Speed yang lebih rendah. Shutter Speed yang digunakan tergantung pada jumlah cahaya dan kecepatan objek, gunakan 1/60sec hingga 1/8sec. 
  2. Atur posisi anda di tempat dimana pandangan terhadap objek tidak akan terhalang oleh siapapun, atau apapun. Juga pertimbangkanlah latar belakang objek Anda, meskipun akan blur namun jangan sampai mengganggu terhadap objek foto. Pilih Background yang berwarna atau cenderung menghasilkan blur yang bagus. 
  3. Jika menggunakan lensa yang panjang, gunakan tripod atau monopod dengan head yang bisa berputar agar pergerakan kamera mulus dalam mengikuti objek. 
  4. Jika menggunakan kamera dengan auto focus motor Servo, Anda dapat membiarkan kamera melakukan focus mengikuti pergerakan objek dengan menekan setengah tombol Shutter. 
  5. Jika kamera tidak memiliki auto focus yang cukup cepat Anda harus melakukan pra-fokus pada kamera Anda di tempat dimana Anda akan menekan tombol Shutter. 
  6. Ikuti pergerakan objek sambil menekan setengah tombol Shutter untuk mengambil focus pada objek, jika pergerakan tangan Anda sudah relative sama dengan objek maka tekan penuh tombol Shutter (lakukan selembut mungkin untuk mengurangi guncangan kamera). 
  7. Setelah menekan tombol Shutter terus ikuti arah pergerakan objek sampai proses pengambilan gambar selesai. 
  8. Terakhir jangan lupa practice, practice and practice. Lakukan banyak latihan dalam mempraktekkan teknik Panning.

Ketika melakukan teknik panning dalam fotografi ini, yang menjadi catatan penting adalah kamera anda harus yang mendukung teknik ini. tetap pilih objek pada momen yang bagus agar hasil foto juga terlihat indah. OK. Selamat belajar dan berkarya.