Analisis Kebutuhan Modal Dan Keuntungan Usaha Pangkas Rambut (Barbershop)

Usaha pangkas rambut (Barbershop) merupakan jenis usaha dibidang jasa yang bisa dipastikan akan bertahan lama dan dapat memberikan keuntungan bagus, ini berlaku jika memang sahabat memiliki skill memangkas rambut yang baik dan pandai mengelola usaha pangkas rambut anda.

Dalam usaha ini jelas untuk skill (keahlian) memangkas rambut menjadi modal utama ketika sahabat pandbis hendak membuka usaha pangkas rambut dan menjalankanya sendiri. Namun disisi lain sahabat yang kurang skill dan memiliki modal dapat mencari karyawan yang memiliki skill memangkas rambut untuk sahabat pekerjakan dengan sitim bagi hasil ataupun gaji bulanan. Dan agar usaha dapat bersaing dan terus berkembang kemampuan management usaha sangat diperlukan. Poin ini mencakup teknis pelayanan maksimal untuk memberikan kepuasan dan kenyamanan pelanggan, triks promosi, pemilihan lokasi usaha, hingga management keuangan.

Nah sebelum masuk ke Analisa modal dan keuntungan dalam usaha barbershop ini, akan kami uraikan dulu terkait poin-poin dalam management usaha Pangkas Rambut.

Untuk management usaha disini mungkin tidak sedetail seperti perusahaan besar yang memiliki banyak karyawan, namun disini yang dibutuhkan adalah:

Gambar orang sedang memangkas rambut

Planning (perencanaan) ini jelas karena tanpa adanya perencanaan yang baik sebuah usaha hasilnya juga kurang maksimal. Planning ini sekaligus menentukan tujuan dan target yang ingin dicapai, serta bagaiman strategi untuk mencapai tujuan tersebut.

Misalnya saja jika sahabat ingin membuat usaha barber shop untuk kelas menengah keatas, maka harus merancang tempat, peralatan, mutu dan kualitas sesuai dengan tingkat kebutuhan serta kenyamanan kalangan menengah keatas.

Ini juga berlaku sebaliknya, jika target pengguna jasa sahabat pandbis adalah kalangan menengah kebawah, maka sesuaikan juga mulai tempat, mutu dan kualitas, service, dan bahkan sampai harga agar sesuai dengan kantong mereka.

Organizing (pengorganisasian) jika anda melakukannya sendiri mungkin akan terasa lebih mudah, namun berbeda jika anda mempekerjakan seorang atau beberapa karyawan untuk usaha pangkas rambut anda. Disini jelas dibutuhkan kemampuan mengorganisasi yang baik agar rencana atau target dapat tercapai.

Direction (Pengarahan) arahan disini bisa berbentuk upaya menciptakan lingkungan kerja yang aman, nyaman, dan kondusif agar tujuan perencanaan dapat tercapai. Seperti misalnya pemberian pelayanan ke customer, service yang berbeda dari tempat lain, dan nilai jual lainya agar usaha dapat berjalan sesuai perencanaan.

Controlling (pengendalian) ini dapat diartikan sebagai bentuk upaya penilaian karyawan dalam kinerjanya, melakukan evaluasi jika diperlukan dan berpatokan dengan stndart yang diharapkan.
Jika anda memutuskan untuk mengangkat karyawan dalam usaha ini, terlepas dari system penggajian yang diterapkan.Aanda harus dapat melakukan controlling terhadap usaha anda agar usaha bisa lancar dan maju.

Strategi Promosi Yang Harus Anda Terapkan 

Dizaman yang serba digital seperti sekarang ini, jelas akan memudahkan kita semua dalam hal promosi bisnis atau usaha. Baik itu berbentuk produk jadi ataupun berbentuk jasa. Melalui media sosial, situs web/blog, sahabat dapat mempromosikan usaha anda tanpa batas.

Namun untuk selanjutnya tips-tips berikut ini sangat perlu dan penting untuk anda terapkan:

  • Carilah tempat usaha di lokasi yang strategis dan aksesnya mudah serta gampang dilihat orang lain. Biasanya tempat seperti dekat pasar, pinggir jalan raya, dan tempat yang selalu ramai dilalui orang. inilah yang paling strategis.  Dengan begitu usaha pangkas akan cepat dikenal orang. 
  • Pelayanan dengan hasil terbaik perlu diterapkan, ini agar customer merasa diperlakukan dengan baik dan akan merasa senang sekaligus nyaman ahirnya manaruh kepercayaan pada suaha sahabat. Dan bukan tidak mungkin ia akan menjadi pelanggan tetap sahabat.
  • Tentukanlah jam buka yang pas dan konsisten. Misalnya saja jika anda memutuskan jam buka antara jam 10.00 WIB sampai 22.00 WIB, maka pertahankan itu dan jangan dirubah-rubah, ini agar customer dapat tahu dan ingat kapan jam operasionalnya. Terlepas kondisi usaha barbershop anda ramai atau sepi.
  • Maksimalkan hasil, selalu berpatokan bahwa pelanggan adalah raja, selalu terima request atau permintaan pelanggan untuk hasil yang maksimal sesuai keinginannya. Jangan lakukan pangkas secara terburu-buru karena mengejar target. Jangan juga gugup karena banyak antrian yang menunggu.
  • Desain ruangan senyaman mungkin. Bukan berarti harus dengan fasilitas terbaik, namun buat tata ruang yang nyaman. Bikin ruang tunggu terpisah dengan ruang untuk pangkas rambut agar pelanggan yang ngantri ataupun yang sedang anda pangkas tidak risi. Kasih ruang tunggu sedikit hiburan seperti misalnya Surat Kabar, Majalah, Music, Televisi, dan aksesories lain agar yang ngantri tidak jenuh. Karena kalian tentu tahu pekerjaan yang menjenuhkan sekaligus membosankan adalah menunggu.
  • Bikin kupon berhadiah atau sejenisnya, hadiahnya bisa berupa pangkas rambut gratis atau souvenir lainya. Hal ini akan menjadi daya Tarik tersendiri bagi konsumen untuk menggunakan jasa sahabat pandbis.


Analisis Modal dan Keuntungan Usaha Pangkas Rambut


Kita semua tahu bahwa setiap orang membutuhkan jasa pangkas rambut, bahkan menurut pengamatan dan beberapa teman di komunitas yang sengaja saya tanya mereka ada yang sebulan bisa satu atau dua kali memangkas rambutnya. Dan jika dirata-rata menurut pengakuanya dalam dua sampai tiga bulan sekali mereka akan memangkas rambutnya.

Bayangkan jika target pelanggan atau pasar anda di wilayah yang memang strategis dan padat penduduk, misalnya mencakup 2 desa dan untuk satu desanya ada sekitar 2000 orang penduduk, maka itungan gampangnya setiap harinya anda akan memberikan jasa pelayanan pangkas rambut minimal antara 30 – 40 orang.

Modal Usaha


  1. Penyiapan Tempat  : Rp. 6.000.000,-
  2. 2 Set Kursi untuk pangkas : Rp.2.500.000,-
  3. Paket Peralatan Alat Pangkas Rambut Komplit, untuk paket peralatan pangkas dengan harga segitu sudah komplit. Biasanya berisi: 1 Mesin Cukur Rambut – Bergaransi, 1 Sisir Rambut , 6 Kaki Sepatu ukuran Rambut Mulai dari 3mm sampai dengan 25mm, 1 Botol Minyak, 1 Kuas pembersih , Handuk , Gunting Potong Rambut , Gunting Kumis Tony & Guy, Pisau Cukur Isi Ulang Antelope , Gunting Sasak ( Caca ) Uk, 5,5'', Isi Ulang Pisau Cukur, Silet Super Max 5 Kotak = 25 Pcs, Kep / Kain Penutup Badan , Poster Model Rambut 2 Buah, Kuas Sabun, Tempat Bedak , Kuas Bulu Rambut pembersih sisa rambut, Sikat Kepala, Botol Air Pangkas rambut, Jepit Buaya 2 Buah, Jepit Bebek 2 Buah, Sisir Kecil, Sisir Sedang , Sisir Besar , Minyak Singer / juga Minyak Pisau Clipper. 
           Harga paketnya : Rp. 1.800.000,-

           Jumlah  Modal : Rp.10.300.000,-

Biaya Operasional Bulanan


  1. Bayar listrik  : Rp. 200.000,-
  2. Bayar Air (jika dari PDAM) : Rp. 200.000,-
  3. Gaji Karyawan    : Rp. 1.000.000,-
  4. Lain Lain    : Rp. 300.000,-

         Total Biaya OP : Rp. 1.700.000,-

Asumsinya: 

Jika sahabat pandbis mempekerjakan 2 orang tukang pangkas dengan sistim bagi hasil 50 : 50, dan masing-masing tukang pangkas dalam satu hari rata-rata mencukur 17 orang dengan tarifnya Rp. 10.000,- per orang, maka jika bagi hasilnya 50 : 50 anda akan memperoleh Rp. 5.000,- per orang.

Perhitungannya;

Omzet:

5.000,- X 34 Orang X 30 hari = Rp. 5.100.000,- 

Keuntungan yang anda dapatkan :

5.100.000,00 – 1.700.000,00 = Rp. 3.400.000,00

Balik Modal

Perhitungannya adalah 10.300.000,00 / 3.400.000,00 = 3,03 bulan = 91 hari.

Perlu sahabat pandbis ketahui bahwa analisis perhitungan diatas merupakan perhitungan yang kami sesuaikan dengan harga yang ada di lokasi kami. Dan kami tidak menjamin bahwa perhitungan diatas itu benar dan tepat karena hanya berupa Analisa. Mungkin untuk untuk wilayah sahabat dapat berubah dari segi modal, biaya OP., tarif, dan rata-rata pengguna jasa pangkas perharinya. Namun secara umum dapat kami gambarkan dalam analisis perhitungan diatas.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel