4 Hal Penting Untuk Hasilkan Foto Lebih Indah dan Berkualitas

Ada beberapa hal penting agar bisa menghasilkan foto lebih indah dan berkualitas yang mesti di kuasai oleh seorang fotografer. Menjadi fotografer handal dan professional itu bukanlah perkara mudah yang bisa didapat dengan instan, ada teknik-teknik khusus yang harus dikuasai. Salah satu pendorongnya yaitu harus tekun belajar dan terus berusaha semaksimal mungkin agar menjadi lebih kaya pengetahuan dan pengalaman.

Sekanrang ini kita lebih mudah belajar menjadi fotografer karena mudahnya mendapatkan kamera dan media pengolahan gambar. Misalnya saja hanya dengan menggunakan kamera handphone saja kita sudah bisa mengambil gambar dengan kualitas tertentu dan mengolahnya menjadi gambar yang bagus.

Gambar cara mendapatkan momen penting bagi seorang fotografer

Kejadian-kejadian kecil apapun jika di abadikan dengan cara pengambilan gambar yang tepat dan pada saat yang tepat, maka akan menghasilkan gambar foto yang luar biasa. Orang biasa pun dapat menjadi fotografer yang handal apabila dia dapat memanfaatkan kondisi tersebut. Hal yang paling penting adalah bagaimana kita melihat suatu objek foto, dan saat itu otak kita dapat bekerja untuk menangkap dan merekam moment/objek photo tersebut dengan baik.

Bentuk keadaan foto digital yang bagus dan mahal bukanlah selalu menjadi jaminan untuk hasilkan gambar/photo yang indah dan bernilai seni tinggi. Namun , tehnik pengambilan foto dan kejelian melihat moment pentinglah yang menjadi factor utama akan kualitas photo yang bernilai seni tinggi.

Untuk menghasilkan gambar foto yang indah, memiliki makna, dan “berbicara”, ada beberapa poin penting yang perlu kita perhatikan. Ini merupakan elemen utama dari sebuah foto yang indah, bermakna dan ‘berbicara’.

1. Pencahayaan foto

Pengaturan pencahayaan dalam fotografi digital merupakan elemen penting untuk mendapatkan hasil foto yang baik. Foto yang baik adalah foto yang memiliki kondisi pencahayaan yang tepat, yaitu tidak terlalu gelap / under exposure atau pun tidak terlalu terang ‘ over eksposure’. Untuk mendapatkan kondisi pencahayaan yang tepat kita harus menyesuaikan antara diafragma ‘ aperture’ dan kecepatan rana ‘ shutter speed.

2. Komposisi pengambilan foto

Komposisi sederhana dapat diartikan sebagai cara penataan selemen-elemen dalam gambar atau image. Elemen-elemen ini mencakup garis, bentuk, warna serta sisi terang dan gelap. Komposisi adalah penataan kita terhadap objek photo ketika kita melihatnya dalam jendela pembidik, sehingga nantinya kita tu bagaimana foto yang akan kita hasilkan. Pengturan komposisi yang tepat pada sebuah photo adalah untuk menyajikan sebuah photo yang memiliki dimensi, enak dipandang mata, dan ada keteraturan dalam gambar sehingga pesan yang ingin kita sampaikan dalam sebuah foto akan lebih mudah di rasakan oleh orang yang melihat foto tersebut.

3. Sudut pengambilan foto

Ini menekankan bagaimana cara kita melihat sebuah objek foto dengan menggunakan camera. Hal ini juga berkaitan dengan bagaimana kita melihat sebuah objek foto dan bagaimana objek photo tersebut ketika telah menjadi sebuah hasil foto. Pemilihan sudut pengambilan gambar yang tepat dapat memberikan kesan tertentu terhadap sebuah hasil foto.  Ada tiga sudut pengambilan gambar foto yang harus kita ketahui. Selengkapnya tentang tiga sudut pengambilan gambar  yang harus di ketahui baca disini.

4. Momen penting saat pengambilan foto

Mungkin bagian inilah yang paling sulit di dapatkan. Momen yang tepat pada sebuah foto akan menjadi nilai tambah yang sangat baik pada sebuah hasil photo. Tapi bagaimana caranya mendapatkan momen yang tepat, hal inilah yang perlu terus dilatih. Selain sering melatih kepekaan kita terhadap suatu kejadian, kadang factor keberuntungan juga dapat membantu kita untuk mendapatkan momen yang tepat. Momen yang tepat adalah ketika objek foto yang kita lihat ‘bergerak’ sesuai dengan apa yang kita inginkan dan bagaimana kita merekamnya dengan  tidakmelupakan ketiga elemen utama foto yang lainya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel