Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Anak Menolak Perintah Orang Tua Tanpa Sebab

Tulisaan tentang cara mengatasi anak bandel dan menolak perintah orang tua tanpa jelas sebabnya ini akan sedikit mengupas tentang sisi sifat anak yang terkadang membuat jengkel orang tau dan tidak taat dan bahkan terkesan mau melawan orang tua sendiri. Hal ini benar-benar harus menjadi perhatian khususnya para orang tua dan bagaimana pergaulannya.

Saat anak menolak perintah orang tua

Memang secara umur dan juga pola pikir kedewasaan anak 70% akan bertentangan dengan pendapat atau kemauan orang tua, pikiran dan pendapat anak cenderung spontanitas dan sedikit emosionall serta labil dalam menyikapi suatu permasalahan. Karena orang tua memilih berfikir sangat hati-hati dan penuh pertimbangan.

Kadang – kadang anak berusaha menolak perintah orang tua untuk menunjukan bahwa “Saya tidak mau. Ayah memaksaku dan ingin aku melaksanakan perintah – perintahmu. Ayah tidak mau tahu sudut pandang dan pendapatku.”

Disini kami tidak berpendapat bahwa anak berhak menolak hanya karena orang tua memaksanya, karena taat kepada orang tua dalam hal yang kita sukai ataupun yang kita benci itu Wajib hukumnya selama tidak bermaksud menjerumuskan dan mendurhakai Tuhan. Anak itu memiliki kepekaan ketika orang tua sengaja menolak keinginan sang anak tanpa sebab.

Penyebab ini dapat diatasi dengan cara-cara sebagai berikut:

1. Mengajari anak arti ketaatan dalam hal yang disukai maupun yang dibenci selama tidak dalam tindakan atau perbuatan yang menyimpang seperti kemksiatan.

2. Selalu gunakan cara yang baik dan Bahasa yang halus dan sesuai ketika meminta ke anak.

3. Menggunakan tata Bahasa yang santun dan tidak membuat anak tersinggung ketika menyuruhnya.

4. Memahami halangan jika memang keadaanya demikian, serta melihat waktu yang pas ketika menyuruh anak untuk melakukan sesuatu.

5. Orang tua harus dapat menjelaskan sebab ketika berbeda pendapat dengan anak atau menjelaskan manfaat bagi orang tua dan anak dalam melaksanakan permintaan itu.

6. Menjelaskan sebab – sebab lainya yang dapat mendekatkan jarak antara anak dan orang tua, khususnya dalam hal berbakti kepada kedua orang tua dan pahala yang didapat dari Allah yang dapat mencapai tingkatan surga tertinggi jika berbakti kepada kedua orang tua.

Nah itulah beberapa tips dan cara terbaik yang harus dilakukan orang tua tanpa menakuti atau berbuat kasar dan marah kepada anak ketika sang anak tidak mau atau menolak perintah orang tuanya.