Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membuka Usaha Foto Copy Skala Kecil Untuk Pemula

Usaha Foto Copy menjadi salah satu usaha yang mudah dijalankan dan bertahan lama. Dan cukup memberikan keuntungan lumayan untuk usaha skala kecil.

Membuka usaha Foto Copy bisa dilakukan oleh siapapun, pemula sekalipun karena usaha ini cukupo simple, namun butuh sedikit belajar tentang cara pengoperasian mesin foto copy, dan sistem kerjanya.

Namun untuk yang ingin simple saja, anda tinggal menyiapkan usaha dan tempatnya, kemudian angkat karyawan yang memang sudah ngerti tentang bisnis ini untuk mengelola usaha anda.

Tips membuka Usaha Fotocopy


  1. Motivasi dan keinginan : setiap usaha harus didasari dengan motivasi dan keinginan yang tinggi. Karena itu menjadi modal dasar dan sekaligus penyemangat dalam mengelola sebuah usaha.
  2. Lokasi usaha : Untuk usaha Foto Copy, lokasi usaha jelas menjadi hal sangat penting yang harus benar-benar dipikirkan. Sebab jika salah memilih lokasi usaha akan berdampak terhadap jalananya usaha. Pilihlah lokasi dipinggir jalan dan mudah diakses, lokasi harus juga dekat dengan perkantoran, sekolahan, dan kampus karena rata-rata dari merekalah penyumbang sebagai penggujna jasa foto copy terbanyak.
  3. Pilihlah paket usaha yang sesuai dengan kantong anda. Untuk harga mesin fotocopy saat ini sudah bervareasi, termurah berkisar anatara Rp. 10.000.000,- sampai Rp. 25.0000.000,-. Untuk pemula dengan modal yang pas-pasan bisa memilih harga kisaran 10 jutaan dulu.
  4. Anda juga dapat mencari alternative lain jika tidak memungkinkan membeli mesin sendiri, yaitu dengan bekerjasama dengan pengusaha foto copy lainya, atau bisa join dengan teman yang memiliki modal.
  5. Biasanya usaha foto copy dapat bersamaan dengan usaha lainya seperti jasa pengetikan, print, laminating, press, jilid, dan jualan ATK. Itulah mngapa usaha ini banyak diminati dan relatif mudah untuk dijalankan. 
  6. Lakukan pelayanan yang terbaik untuk kepuasan pelanggan. 


membuka usaha fotocopy

Analisa Modal Usaha Foto Copy Sekala Kecil dan Keuntungannya.


Modal Usaha:
Paket Usaha Foto Copy meliputi:
Mesin Canon iR 3035 / 3045
Neon Box
Stapler
Paper Cutter
Mesin Laminating
Toner + Drum
Dll.

Harga Modal : Rp. 15.000.000,-

Sewa Tempat dan Perlengkapan Lainya = Rp. 7.000.000,-

Total Modal Usaha = Rp. 22.000.000,-

Untuk keuntungan usaha foto copy relatif, karena ada banyak factor yang mempengaruhinya.
Namun untuk rata-rata perlembar kertas ukuran A4 dan F4 yaitu Rp. 150,- sedangkan untuk bolak balik yaitu Rp. 250,-

Keuntungan lain dapat didapat dari jasa laminating, penjilidan, penjualan ATK, dan jasa lainya seperti pengetikan dan print.

Untuk modal usaha tersebut, dalam waktu 6 bulan saja dalam prediksi sudah balik. Namun semua masih berupa kalkulasi, karena banyak factor yang mempengaruhi cepat lambatnya balik modal.