Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tentang Unsur 4P dan 7P didalam Marketing MIX

Dalam dunia marketing ada istilah popular yang menjadi dasar strategi manajemen dalam menajalankan pemasaran. Marketing mix seakan menjadi kunci sukses dalam menjalankan bisnis marketing.

Lalu apa itu marketing mix?

Bagi orang yang sudah lama terjun di bidang usaha marketing tentu mengenal istilah ini, namun untuk sahabt yang belum mengetahuinya istilah ini akan terasa asing dan ahirnya muncul pertanyaan tentang apa dan bagaimana cara menerapkan marketing mix tersebut. Didalam manajemen pemasarn memang ada istilah marketing mix yang menjadi dasar pengelolaanya. Dan untuk penjelasan tentang istilh tersebut mari kita uraikan lebih jauh.

Disini pandbis akan fokus pada pembahasan tentang apa itu marketing mix, unsure-unsur dalam MM, jenis-jenisnya, dan hal-hal lainya yang berhubungan langsung dg. manajemen pemasaran.

Dari segi bahasa Marketing Mix dapat diartikan sebagai “Bauran Pemasaran”, dan pengertian Marketing mix menurut istilah adalah suatu strategi pemasaran yng dilaksanakan dengn cara terpadu dan rapi, arti lainya yaitu panduan dalam strategi pemasaran yanng dilakukan dengan cara bersamaan dlm menerapkan elemen strategi yg ada didalam marketing Mix.

Pengertian dan strtegi manajemen marketing mix_


Berkaitan dengan MM ini, para pakar dunia banyak yang mendeskripsikan secara berbeda berdasarkan pndangan dn pemahaman mereka tentang Marketing Mix.

Kotler dan Amstrong pada th. 1997 mendeskripsikan dalam bahasa inggris bahwa Marketing Mix yaitu:

“Marketing mix as the set of controllable marketing variables that the firm bleads to produce the response it wants in the target market”.
 ” Marketing Mix adalah sekumpulan variable - variabel pemasaran yang dapat dikendalikan, yang digunakan oleh perusahaan untuk mengejar tingkat penjualan yang diinginkan dalam target pemasaran“.
Baca Juga : Bagaimana Cara Memulai Usaha Agar Cepat Berkembang?

Elemen Strategi dalam Marketing Mix


Strategi marketing pada Marketing Mix itu terdapat beberapa elemen marketing,  jika dulu hal ini dikenal dengan unsur 4P , tapi dengan perkembangan jaman yang semakin modern kini marketing mix memiliki 7P yaitu ada penambahan 3 strategi lagi. Tentang 4P dan 7P tidak perlu diributkan mana yang lebih jitu dalam pemasaran, kedua pendapat tentang teori di tersebut dibuat dengan tujuan yang sama dalam pemasaran yaitu membuat strategi pemasaran dapat berhasil lebih hebat.

Unsur - Unsur dalam Marketing Mix


Unsur-unsur marketing mix terdiri dari Produk, Price, Promotion, Place, Partisipant/ People, Proses, Physical Evidence

1. Marketing Mix Product

Unsur yang pertama yaitu Produk,  ini terbagi jadi dua yaitu produk nyata yang dapat dilihat, dan produk tidak nyata atau berupa jasa yang hanya dapat dirasakan namun tidak dapat di lihat.

Sementara itu dalam hal produk ini perlu adanya perhatian kualitas, layanan, dan lainya karena konsumen ketika membeli bukan hanya sekedar ingin barang tapi juga membutuhkan produk, untuk itu harus benar-benar diperhatikan kepuasan konsumen terhadap produk yang kita tawarkan itu.

2. Marketing Mix Price

Dapat dijelaskan bahwa marketing mix price yaitu strategi dalam menentukan harga yang kita tawarkan kepada konsumen , karena harga juga penentu apakah konsumen mau membeli produk kita atau tidak.

3. Marketing Mix Promotion

Penjelasan tentang marketing mix promotion yaitu suatu strategi dalam mengkomunikasikan informasi produk atau jasa dari penjual kepada pembeli, dalam hal ini kita harus pandai - pandai menyusun strategi promosi agar produk bisa dikenal oleh konsumen secara rinci.

Baca juga : 6 Keuntungan Memiliki Usaha Sendiri Dengan Menjadi Wirausaha Mandiri

4. Marketing Mix Place

Place sering juga di sebut saluran distribusi, dalam marketing mix place ini berarti keseluruhan kegiatan atau fungsi untuk memindahkan produk disertai dengan hak pemiliknya dari produsen ke konsumen akhir atau pemakai.

5. Marketing Mix Partisipant or People

Penngertian marketing mix Partisipant or people adalah mereka yg ikut berpartisipasi dalam startegi pemasaran produk atau jasa, misalnya dalam usaha restoran maka yg di maksud adalah para kasir, pelayan, dan penjual sayur dan lain-lain, baik yang terlibat langsung mau pun tidak langsung.

6. MarketingMix Procces

Unsur procces yaitu  bentuk kegiatan marketing mix dimana menunjukan tentang bagaimana proses pelayanan yg di berikan kepada konsumen pada saat melakukan pembelian produk/jasa yang ditawarkan tersebut.

7. Physical Evidence atau Lingkungan Fisik

Marketing mix Physical Evidence adalah Lingkungan fisik yang berkaitan dg keadaan atau kondisi dimana di dalamnya juga termasuk suasana. Sedangkan karakteristik dari lingkungan fisik merupakan segi paling jelas dan terlihat dalam kaitannya situasi pemasaran . Sdangkan maksud dari situasi ini yaitu keadaan dan kondisi secara geografi, lingkungan institusi, dekorasi dari ruangan, adanya suara, aroma fisik , cahaya yang terpancar , cuaca yang baik, peletakan dan layout yang nampak atau situasi lingkungan yang penting sebagai obyek stimuli hal ini di kemukakan oleh Belk 1974 dalam Assael 1992.

Dengan sedikit penjelasan yang pandbis uraikan kali ini paling tidak sudah dapat memberikan gambaran tentang apa itu Marketing Mix dan bagaimana peranannya dalam management pemasaran.