Tips Bisnis; Strategi Awal Membuka Usaha Pakaian

Bisnis Pakaian menjadi salah satu jenis usaha yang tidak akan ada matinya karena tentu semua orang membutuhkan pakaian. Namun banyaknya persaingan membuat usaha ini perlu strategi khusus agar usaha bisa cepat berkembang dan laris. Untuk itu sahabat yang ingin terjun di bisnis tersebut , penting sekali sobat mengetahui tips membuka usaha pakaian dan strategi pemasaranya agar nantinya usaha bisa berjalan sesuai keinginan.

Kita tahu selain makanan, baju merupakan jenis kebutuhan pokok semua orang, itulah mengapa saya sebutkan tadi bahwa usaha pakaian merupakan usaha yang tidak ada matinya dan akan terus dibutuhkan sampai kapanpun. Namun agar usaha dapat bertahan lama dan terus berkembang, tentu ada teknik dan stratgeinya seperti penyesuaian mode, kualitas, harga, dan lainya.

Saat ini orang selalu ingin tampil trendi dan menarik, itu mengapa rata-rata kita membeli 1 (satu) buah baju baru dalam dua bulan sekali, dan ada juga yang sebluan sekali. Kondisi ini tentu jadi peluang usaha rumahan yang prospek serta dapat diandalkan. Selain karena tuntutan profesi dan menjaga penampilan, orang akan tertarik membeli baju ketika mendapati ada model baru yang disukainya. Nah disini pengusaha pakaian dituntut jeli dalam melihat model apa yang lagi trend dan disukai orang.

Sahabat yang suka dunia fashion dan hobi berdagang akan cocok sekali menjalankan bisnis ini. Perkembangan mode fashion yang selalu cepat beralih dan rata-rata setiap bulan trend pakain baru akan muncu, maka pengetahuan dibidang mode akan sangat membantu dalam bisnis ini.
Muali dri orng tua, remaja, dan anak-anak semua memiliki model pakaian yang  pakaian yang terus update yang makin menambah usaha pakaian ini ramai. Itulah kenapa salah satu bisnis yang awet dan tahan lama adalah bisnis pakaian ini. Nah apababila sahabat memiliki ketertarikan membuka  dan mengembangkan usaha baju, tentu ini sebuiah pilihan yang tepat.

Strategi membuka usaha pakaian

Tetapi penting untuk dipahami bahwa setiap suatu pekerjaan harus didasari dari rasa cinta akan profesi tersebut dan juga pengetahuan yang cukup serta keinginan yang kuat. Maka untuk mengawali atau merintis usaha pakaian, sahabat perlu mengetahui beberapa hal terkait dengan perencanaan bisnis yang matang. Dan kali ini Pandbis.com ada tips strategi cara awal mulai membuka usaha pakaian.

Yang termasuk dalam bagian penting yang mesti sahabat kuasai benar dalam usaha pakaian adalah dasar-dasar ilmu berjualan pakaian berikut ini:

1. Tempat Strategis (mampu memilih lokasi jualan yang tepat)

Untuk lokasi tempat jualan pakaian, sahabat pilihlah lokasi tempat jualan yang dekat dengan keramaian serta aksesny mudah. Seperti di lokasi pasar, pinggir jalan raya yang ramai penduduk dan lainya.

2. Harus Jeli Membaca peluang

Kemampaun membaca kebutuhan pasar sangat penting dimiliki oleh pengusaha, tak terkecuali untuk usaha pakaian ini. sahabat harus jeli membaca peluang apa yang memang lagi dicari oleh orang dalam hal ini jenis dan model pakaian. Selalu ikuti model baju terkini dan juga jenis pakaian apa yang lagi ngetrend. Dengan seringnya update model dan menyediakan baju yang lagi ngetrend maka toko pakaian soabat akan banyak diserbu orang.

2. Dapat Manfaatkan momen yang tepat

Kemampuan memanfaatkan momen yang tepat sangat penting untuk pengusaha baju. Contohnya saat menjelang hari raya, maka yang paling banyak dicri adalah baju muslim, baik untuk pria dan wanita serta anak-anak. Maka di momen itu sediakan stok yang cukup dengan model yang bervareasi.

3. Memperbanyak Model Pakaian

Ini penting karena dengan menyediakan stok pakian dengan banyak model, akan membuat orang semakin terarik membeli baju di lapak sahabat, dan juga orang akan puas karena ada banyak pilihan model baju. Dismping itu akan membuat kepercayaan orang untuk datang kembali ke toko pakaian sobat dilain waktu, bisa juga tanpa sobat sadari orang tersebut ikut mempromosikan toko sahabat kepada teman-temannya.

4. Berikan layanan yang ramah

Pembeli adalah raja, maka selalu berikan senyum dan layanan yang ramah kepad pembeli. Lyani pembeli dengan sabar dan santun karena itu adalah modal utama saat jualan, berikan informasi tentang bahan dan lainya terkait pakaian kepada pembeli secara jujur. Dengan begitu pembeli akan merasa senang dan nyaman belanja di toko sahabat, selain itu layanan berkesan tersebut akan membuat pembeli kembali lagi lain waktu.

Setelah sahabat memahami strategi berjualan pakaian diatas, saatnya untuk masuk ke tahap langkah cara membangun dan membuat tempat usaha serta teknik membuka usaha pakaian.
Ketika awal membuka usaha biasanya seseorang selalu berfikir tentang modal. Dan berikut ini langkah untuk meminimalisir modal usaha serta cara agar rencana usaha bisa tetap berjalan sesuai harapan.

1. Membuka kerjasama dengan orang lain yang memiliki modal

Sahabat bisa meminta teman atau saudara untuk memberikan modal usaha dengan sistem bagi hasil, sahabat sepakati saja berapa prosentasenya dalam pembagian keuntungan tuk pemilik modal dan juga berapa persen untuk sahabat selaku pengelola usaha.


2. Menjalin kerjasama ke penjual pakaianj lain melalui sistem kepercayaan

Saat sahabat sedang tidak ada modal cukup untuk memulai usaha pakaian, solusi lain yaitu bisa memulainya dengan bekerjasama ke pengusaha pakaian lainya. Sahabat bisa menjualkan baju miliknya, dari situ sahabat dapat mengambil keuntungan sebagai penghasilan sahabat.

3. Miliki modal usaha dengan cara hutang ke Bank

Salah satu solusi lain saat sahabat kesulitan modal usaha yaitu dengan mengajukan kredit ke pihak bank. Tentu hal ini membutuhkan persyaratan-persyaratan khusus, namun jika sobat merasa bisa mengambil pinjaman sert memenuhi persyaratanya. Maka sahabat dpat mengajukan pinjaman modal untuk mengembangkan usaha pakaian yang sahabat jalankan. Apalagi sekarang piihak bak sendiri sudah banyak mengeluarkan program pinjaman modal khusus untuk pengusaha UKM dengan bunga yang rendah.

4. Menujual atau Menggadaikan Barang Berharga

Banyak jalan menuju roma, begvitu juga dengan modal usaha. Jika sahabat memiliki aset berupa barang-barang berharga, misalnya emas, berlian, dan lainya, sahabat dapat menjualnya atau menggadaikannya ke pegadaian untuk mendapatkan tambahan modal usaha.

Itulah beberapa tips dan strategi awal membuka usaha pakaian yang memang perlu diketahui oleh pengusaha pemula. Semoga apa yang pandbis share disini dapat memberikan tambahan wawasan untuk sahabat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel