Arti Istilah dan Singkatan Penting Dalam Bisnis Online Yang Perlu Diketahui

Istilah Singkatan dalam bisnis online banyak sekali, namun secara umum ada beberapa singkatan penting yang wajib diketahui oleh para pelaku bisnis online, khususnya yang pemula. 

Dibuatnya singkatan dalam bisnis online bertujuan untuk lebih memudahkan mengingat serta mengucapkan istilah panjang yang memang banyak sekali pada Bisnis Online.

Bisnis Online banyak macam dan jenisnya, setiap jenis memiliki istilahnya sendiri, Namun secara umum ada beberapa istilah yang banyak dipakai dalam BO, dan inilah yang wajib anda tahu.

Dan berikut ini adalah singkatan atau istilah penting yang umum dipakai dalam bisnis online:
  1. BO : Bisnis Online.
  2. WD : Withdraw = Penarikan.
  3. PO : Pay Out, sama seperti WD.
  4. ROI : Return Of Investment
  5. HYIP : High Yield Investment Program atau Program Investasi Profit Tinggi.
  6. Depo (Deposit) / Invest : Menanam modal dengan menggunakan dana pribadi, dengan harapan memperoleh keuntungan / profit.
  7. EARNING : penghasilan yang di dapat dari hasil deposit.
  8. COMPOUND: Mendepositkan kembali dari earning
  9. PP : Payment Prosesor (tergantung topik pembicaraan).
  10. PP : Pay Pal (prosesor pembayaran) (tergantung topik pembicaraan).
  11. PM : Perfect Money (prosesor pembayaran).
  12. EGP: Ego Pay
  13. SS : Screenshot.
  14. COD : cash on delivery
  15. BEP : Break Event  Point (Balik Modal)
  16. RCB : Referral Cash Back, biasanya digunakan seseorang untuk merekrut downline sebanyak-banyaknya dengan cara bagi hasil dari komisi referral yang didapatkan dari suatu BO.
  17. HOAX: Lelucon / bohongan / tidak terpercaya / tidak terbukti, biasanya masalah pembuktian suatu BO itu membayar atau tidak, maka orang yang sudah bergabung harus menyertakan SS hasil WD nya agar dapat dipercaya oleh orang lain.Karena biasanya berlaku NO SS = HOAX..
istilah penting bisnis online
bisnis online ; image from pixabay.com

Macam-macam Istilah Bisnis Online dan Singkatanya

Selain istilah singkatan diatas, dalam beberapa nama dan macam bisnis online ada juga singkatan yang sering digunakan untuk memudahkan dalam mengingat atau mengucapkannya.

1. PTC = Paid To Click; Adalah kita dibayar apabila meng-klik dan melihat iklan-iklan yang di sediakan oleh situs tersebut.

2. PPC = Pay Per Click; Artinya kita akan dibayar apabila ada iklan yang telah dipasang di situs kita diklik oleh orang lain per unic visitor.

3. PPS = Pay Per Sale; PPS berarti kita mendapatkan bayaran/ komisi jikalau kita dapat menjual produk/ jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan affiliate. System pembayarannya adalah bagi hasil/ kita mendapatkan persentase dari harga produk/ jasa tsb. Dalam hal ini kita sebagai resellernya, sebagai contoh perusahaan yang sangat terkenal adalah amazon.com.

4. PPL = Pay Per Lead; yaitu bentuk bisnis online yang akan membuat kita mendapat bayaran apabila kita mampu merekrut seseorang lalu mengisi kotak form pendaftaran yang disediakan untuk menjadi member suatu perusahaan affiliate. Tapi syaratnya kita harus terlebih dahulu menjadi membernya.

5. CPC = Cost Per Click; Ini pengertiannya sama saja dengan PTC, yang mana artinya kita akan mendapatkan bayaran apabila iklan yang ada di web/ blog kita ada yang mengkliknya. Jadi semakin banyak yang mengklik otomatis semakin tebal kantong anda. Contohnya yang paling terkenal utk saat ini adalah Google Adsense.

6. CPM = Cost Per Million; merupakan program bisnis online yang pembayarannya menggunakan system Impression/ Page view, jadi kita akan dibayar apabila iklan yang terpasang di web/ blog kita telah mencapai 1000 X di tampilkan.

7. PTR, PTC & PTS Program; ini adalah singkatan dari Pay To Read, Pay To Click dan Pay To Signup. ini adalah program dari web site pemasang iklan. Mereka menjanjikan akan memberi imbalan sejumlah uang kepada para member hanya dengan membaca email, mengklik iklan banner atau mendaftar pada suatu website.

8. Afiliasi; Setiap yang mengikuti program afeliasi akan membuat Sobat  menjadi member sebuah perusahaan afiliasi untuk memasarkan produk lewat link yang diberikan kepada anda, komisi yang diberikan.

Baca juga 1000 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

9. Reseller; adalah, orang yang menjualkan suatu produk dari sebuah website. Pada umumnya, orang yang menjadi reseller akan mendapat komisi sekian persen jika reseller tersebut berhasil menjual produk dari sebuah website. Contohnya, amazone.com. Setiap kali anda melakukan penjualan produknya anda akan mendapat komisi.

10. Referal / Referer; 
orang yang mengajak Sobat  bergabung / orang yang memberikan anda referensi suatu produk atau website.

11. Resell Rights; diartikan sebagai “Produk yang boleh anda jual kembali, tapi konsumen Sobat  tidak boleh menjualnya kembali”.

12. Master Resell Rights; Produk yang boleh anda jual kembali, dan boleh memberikan hak yang sama kepada konsumen anda. Bisa juga memberikan konsumen anda dengan lisensi Resell Rights.

13. Private Label Rights; Produk yang isinya boleh anda edit, lalu dijual, lalu konsumen anda  bisa memberikan lisensi Private Label Rights, Master Resell Rights, Resell Rights, terserah anda. Produk dengan lisensi Private Label Rights, haruslah menyertakan source code-nya jika itu software. Jika produk tersebut berupa eBook, maka anda akan di beri file .doc / .txt. biasanya, produk dengan lisensi ini memberikan ijin kepada anda, untuk mengakui bahwa produk tersebut buatan anda.  (tergantung kepada pembuatnya).

14. Giveaway Rights; yaitu anda di izinkan untuk memberikan produk tersebut kepada orang lain, tetapi orang lain tersebut tidak boleh menjualnya.

15. Branding Rights; berarti anda dapat merubah url website, Nama, link afiliasi suatu produk dengan milik anda sendiri.

16. Autoresponder; yaitu penjawab email otomatis.

17. Autosurf; adalah program yang memberikan keuntungan sekian persen per hari atau per bulan namun Sobat  di wajibkan untuk membuka web site klien mereka setiap hari (banner / iklan).

18. Subscribe / unsubscribe; Istilah ini dipakai dalam mailing list/newsletter, dengan kata lain Subscribe berarti mendaftarkan diri Sobat  ke suatu mailing list dengan cara memasukkan nama dan email Sobat  pada sebuah website, dan Unsubscribe berarti keluar dari suatu mailing list. Biasanya dalam email anda  akan di berikan sebuah link untuk Unsubscribe.

19. Safelist; merupakan kumpulan pemasang iklan yang bergabung bersama dalam suatu group, dimana mereka bebas mengirim iklan ke seluruh member yang tergabung didalam Safelist tersebut, tanpa harus takut dituduh melakukan SPAM, karena mereka yang bergabung di Safelist, juga diharuskan menerima iklan dari member lain.

20. E-book; adalah singkatan dari electronic book. Ebook tidak berbeda dengan buku yang beredar di toko buku. Hanya saja, isi dari tulisan-tulisannya di rubah menjadi digital sehingga untuk membacanya harus menggunakan komputer. Contoh ebook adalah tulisan yang sedang Sobat  baca ini.

21. E-zine; adalah singkatan dari electronic magazine. Ezine tidak berbeda dengan majalah yang biasa Sobat  beli di tukang koran. Hanya saja isi dari tulisan-tulisannya di rubah menjadi digital sehingga untuk membacanya harus menggunakan komputer.

22. E-gold; adalah suatu alat pembayaran digital (digital cash) yang dapat dipergunakan di seluruh dunia, dikeluarkan oleh e-gold Ltd., standar nilainya didasarkan pada 100% harga emas murni yang berlaku di pasar dunia, dan ditampilkan dalam bentuk rekening tabungan.

Istilah-istilah bisnis online dan singkatanya tersebut adalah yang paling popular dan banyak digunakan dalam BO. Tidak menutup kemungkinan seiring perkembangan dalam bisnis online akan muncul istilah singkatan baru. Untuk itu Pandbis.com akan berusaha selalu update untuk memberikan informasi kepada sahabat semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Arti Istilah dan Singkatan Penting Dalam Bisnis Online Yang Perlu Diketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel