Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuka Usaha Cucian Motor dan Mobil Serta Analisa Keuntungannya

Usaha cucian motor dan mobil merupakan salah satu lahan bisnis potensial yang dapat mendatangkan banyak keuntungan. Usaha ini tidak pernah sepi pelanggan karena semakin hari pengguna kendaraan semakin meningkat.

Usah cucian motor & mobil menjadi salah satu ide bisnis menguntungkan, jenis usaha ini juga tergolong usaha yang tidak ada matinya dan sksn terus bertahan. Pekerjaan yg masuk dalam kategori jasa ini memiliki prospek bagus untuk terus dikembangkan menjadi usaha yg lebih besar.
Jika ingin membuka usaha cuci mobil /dan motor, maka pahamilah hal-hal penting terkait usaha ini agar nantinya usaha bisa berjalan baik, karena membuka usaha tentu tidak asal buka saja. Ada beberapa hal yg harus menjadi perhatian penting sebelum memutuskan membuka usaha ini. mulai dari tempat atau lokasi, kapasitas, alat yg digunakan, jenis dan model cucian yg akan dijalankan dan lainya.

usaha cuci motor


Buka Usaha cuci mobil dan motor akan bisa maju dan ramai pelanggan, tentunya harus dijalankan dengan strategi bisnis yg tepat dan efektif. Ada beberapa syarat umum untuk usaha cuci mobil dan motor agar menjdi pilihan pelanggan, menarik, dan juga pelanggan puas.


#Pemilihan Lokasi yang tepat 

Memilih Lokasi yg tepat merupakan faktor penting yg mendukung lancarnya usaha cuci mobil dan motor. Lokasi ini tidak harus disuatu tempat yg TIDAK ADA SAINGAN atau hanya sendirian saja, tapi justru kalau bisa di sebuah jalan yg disana sudah banyak pesaing sesama usaha cuci mobil dan motor. Lokasi yg baik dan bagus akan mengurangi biaya marketing. Buatlah PLANG atau SPANDUK yg besar dan MENARIK PERHATIAN, yg mudah dibaca dan diingat oleh target pasar.


#Lakukan Promosi dan Komunikasi yg Menarik 

Hampir semua orang di level ekonomi manapun sangat menyukai program promosi. Orang juga cenderung mau mencoba sebuah jasa (cuci mobil dan cuci motor ) apabila ada promosi yg menarik. Lakukan komunikasi yg berbeda dengan pesaing anda. Buatlah promosi yg membuat orang penasaran. Misalnya dengan undian, atau hadiah kejutan, atau kreatifitas lain.

#Pilihlah Usaha Cuci Mobil dan Motor Sesuai Kemampuan

Ketika membuka usaha cuci mobil dan motor anda bisa memilih berbagai skala ukuran usaha tergantung anggaran anda, baik itu usaha cuci mobil kecil-kecilan (yg sekali waktu hanya bisa menerima satu atau dua buah mobil pelanggan) maupun yg besar dengan menggunakan mesin pencucian otomatis.

Jenis usaha cuci mobil dan motor ini sekarang memiliki peluang yg besar karena meningkatnya jumlah pemilik mobil pribadi, sehingga ada cukup banyak calon pelanggan yg bisa jadi tertarik untuk mencucikan mobilnya di tempat anda.

Tergantung lokasinya, anda bahkan bisa saja membuka tempat pencucian mobil tersebut di depan rumah anda sendiri.

Ketika anda memulai usaha cuci mobil, yg paling penting tentu adalah membeli peralatannya. Peralatan cuci mobil ini bisa beragam; untuk yg membuka usaha cuci mobil kecil-kecilan di rumah dimana pelanggannya tidak terlalu banyak, anda bisa menggunakan alat-alat biasa seperti selang air, sabun, ember, sikat dan lap. Akan tetapi, pada umumnya, usaha cuci mobil menggunakan alat pencuci dengan kompresor atau steam wash.

usaha cuci mobil

Ada pula yg menggunakan alat cuci yg memang khusus untuk mobil, dengan daya minimal 600 watt. Untuk yg terakhir ini, anda harus ingat untuk membuat lokasi usaha pencucian mobil anda lebih rendah daripada bak penampung air yg menjadi sumber air untuk mencuci, agar tekanan airnya bisa lebih kencang.

Jika memiliki modal berlebih, bukalah warung kecil-kecilan disamping atau menyatu dengan tempat usaha cuci mobil anda. Jadi pelanggan akan bisa menunggu kendaraannya saat nyuci sambil menikmati kopi atau makan kue diwarung tersebut. Hal ini juga akan menambah kenyamanan pera pelanggan saat nyuci mobilnya di tempat anda.

#Berikan Suasana tunggu yg Nyaman 

Aturlah agar tempat usaha cuci mobil dan motor anda senentu saja, desain harus disesuaikan dengan target pasar yg anda bidik. Sediakanlah makanan kecil dan minuman ringan agar pelanggan yg menunggu dapat menikmati makanan dan minuman. Dan asiknya, ini tidak harus gratis. Heheheheada tambahan dari jualan makanan ringan dan minuman. Pastikan ada koran, majalah atau televisi, musik agar tidak membosankan.

#Jaminan Kualitas hasil cuci mobil dan motor 

Pelanggan tentunya akan datang kembali, dan kembali dan kembali lagi bila kualitas jasa yg anda berikan dapat memenuhi ekspektasi mereka. Jadi anda harus dapat memastikan bahwa hasil cuci di tempat usaha cuci mobil dan motor anda sangat baik dan bersih. Pastikan setiap petugas cuci anda bekerja dengan standar yg anda tentukan.

#Berikan Pelayanan yg Sangat Baik (Service Excellent) 

Pelanggan di masa kini ini sangat memperhatikan pelayanan ini. Bahkan dibeberapa literatur menyebutkan bahwa pelayananlah yg membuat usaha anda berbeda dan sulit dicontoh. Untuk itu, anda harus benar-benar melatih seluruh karyawan anda agar benar-benar mengerti soal service excellent ini. Service yg baik bukan sekedar memberikan senyuman, tapi harusmemberi solusi bagi pelanggan. Buatlah standar keramahan yg unik di tempat usaha cuci mobil dan motor anda darimulai greeting, hingga proses pelayanan yg cepat dan praktis. Ucapan terimakasih sangat penting untuk mengakhiri pelayanan.

ANALISIS USAHA CUCIAN MOTOR DAN MOBIL

1. Belanja Modal (Peralatan)

  • IK22 Power Spray 2 Gun (2HP) (1 Unit)
  • Tabung Snow 15 ltr Stainless 201 (1 Unit)
  • Kompresor Angin Portable 1 HP (1 Unit)
  • Selang Spiral (3 Unit)
  • Air Duster (1 Unit)
  • Tyre inflator (1 Unit)
  • Selang Angin (10 Mtr)
  • Lap Chamois Super (4 pcs)
  • Konsentrat Shampo Snow Wash (1 Pkt)
  • Semir Ban (1 Pkt)
  • Lap Mikrofiber (2 pcs)
  • Sponge

       Total harga paket peralatan standart: Rp. 5.710.000,-

2. Pembuatan Sumur  : 500.000,-
3. Pembuatan Tempat Cucian = 10.000.000,-

Total Belanja Modal = (5.710.000,- + 500.000,- + 10.000.000,- )  =  Rp. 16.210.000,-
***Catatan : Analisa ini tidak termasuk lahan lokasi cucian.

Pendapatan : 
Cuci motor 1 unit  = 10.000,-
Cucui Mobil 1 unit = 25.000,-

Jika Rata-rata sehari dapat 10 Motor dan 5 mobil, maka pendapatan kotor  = Rp. 225.000,-  x 30 hari = Rp. 6.750.000,-

Biaya Listrik selama satu bulan = Rp. 150.000,-

Bayar 1 Orang Karyawan dalam satu bulan = Rp. 1.800.000,- (Opsional)

Maka pendapatan bersih setelah dikurangi pengeluaran dalam satu bulan = Rp. 4.800.000,-

Dan Jika modal awal anda adalah : Rp. 16. 210.000,- , maka dalam 4 bulan saja modal Anda akan balik.

Dengan memahami strategi membuka usaha cucian motor / mobil tersebut, semoga anda tidak akan salah langkah dalam menentukan hal-hal terkait usaha dimaksud.