6 Peluang Bisnis Cocok Untuk Pelajar atau Anak Sekolahan

Kalangan wirausaha saat ini tidak lagi didominasi oleh orang-orang dewasa, namun sudah merembet ke kalangan pelajar. Terbukti, banyak pelajar atau anak sekolahan yang mampu memiliki usaha mandiri walau sifatnya masih kecil-kecilan. Hal ini tentu bagus untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur dalam diri pelajar.

Banyak peluang usaha untuk pelajar yang saat ini mampu menarik minat kalangan anak sekolahan baik tingkat SMP, SMA, atau mahasiswa sekalipun. Bisnis Pelajar memang banyak dicari oleh para siswa, mereka menjadikan peluang usaha ini sebagai media pembelajaran dalam berwirausaha dan sekaligus untuk menambah uang jajan serta membantu biaya pendidikanya.

Disini Pandbis melihat bahwa siswa yang berani berwirausaha adalah siswa yang kreatif. Siswa ini mampu melihat peluang yang ada.

Gambar Peluang bisnis untuk pelajar di sekolah
Ilustrasi gambar dari pihak ketiga

Banyak sekali peluang usaha yang cocok untuk siswa sekolahan ini, namun ada beberapa yang dianggap memiliki prospek bagus dan mudah dijalankan oleh pelajar.

Banyak celah-celah bisnis di lingkungan sekolah yang dapat dijalankan. Sekolah adalah sebuah komunitas yang terhitung besar, rata-rata selera mereka tidak jauh beda, dan daya konsumtif tergolong cukup tinggi di kalangan remaja, dan juga tidak jarang sekolah mengadakan berbagai acara-acara kreasi , yang bersifat semi formal maupun bebas. Seperti acara Perpisahan, Talikb Akbar, Pekan Kreasi Siwa, Maulid Nabi, Acara-acara kepramukaan seperti Djambore, SAKA, dan acara seni lainya. Dipastikan setidaknya minimal dalam satu tahun sekolah mengadakan 2 - 3 kali perayaan akabar.

Pertanyaanya, Pernahkah kalian amati kesempatan-kesempatan itu sebagai lahan untuk mendatangkan profit?. Misalnya saja Bazar, keperluan almamater siswa seperti Jaket, kaos, kalender, album kenangan, video kenangan, dll. Itu jelas sebuah peluang, dan  tinggal kita bisa menggali bisnis apa yang ingin di garap berkaitan dengan event yang ada di sekolahan tersebut. Kalian tinggal menyesuaikannya sesuai keahlian, hobi, atau usaha turunan dari keluarga.

Dan untuk kalian para pelajar yang tertarik menjalankan bisnis dilingkungan sekolahan, berikut ini PandBis berikan beberapa contoh usaha pelajar yang dapat kalian jadikan referensi.

1. Kegiatan Kesiswaan Dan Almamater

Karakter siswa biasanya ingin merasa dirinya memiliki ciri khas masing-masing yang beda dari teman lainya, apakah itu dilihat dari kelasnya atau organisasi yang mereka ikuti. Mereka akan merasa lebih bangga bahwa dirinya memiliki identitas yang lebih special tidak cukup dengan nama sekolah itu sendiri, oleh karena itu tak jarang para siswa membuat kaos atau jaket untuk almamater kelasnya. Selain itu merekapun ada yang membuat sticker identitas kelas, bross atau pin-up, bahkan kalender yang gambarnya diisi oleh anggota kelasnya. Biasanya guru-guru tidak mempermasalahkan hal ini asalkan tidak dijadikan sesuatu kesenjangan kelas lain. Bahkan para guru menganjurkan untuk siswanya agar lebih kreatif dalam melakukan sesuatu, salah satunya membuat almamater kelas.
So, bagi kamu yang berminat menjual jasa untuk kebutuhan almamater ini, keuntunganya bisa berlipat-lipat. Tinggal kamu memilih mana yang sesuai minat, modal dan keahlianmu? Apakah mau jadi desainer grafis, pencetak sablon, jasa page – print-an selama bisnis ini kamu sanggup jalani. Silahkan dicoba.

2. Video Kenangan

Kebutuhan video kenangan ini sebetulnya tidak jauh beda dengan kebutuhan membuat album kenangan. Hanya video kenangan bisa dilihat di televise, melalui CD, DVD, dan momen pun lebih terasa dan mengena karena dalam video kenangan tentunya kita bisa melihat gambar yang bergerak seperti hidup. Hanya modal membuat video kenangan lebih kompleks disbanding dengan membuat album kenangan, yaitu membutuhkan tim video grafer, video editing, burner. Tetapi sebetulnya modal ini tidak terlalu mahal karena tidak membutuhkan bahan kertas dan tinta untuk dicetak, yang menjadi modal tambahan adalah penyewaan kamera video, editing video dan sejumlah kepingan CD kosong saja.

3. Membuat Album Kenangan

Umunya setiap kelas ingin memiliki momen spesial untuk di abadikan, dewasa ini mereka sering melakukan foto bareng, bahkan mereka yang sedikit kreatif bukan saja melakukan foto bareng tetapi member sentuhan konsep atau scenario dalam mengabadikan momennya agar nanti jika sudah jadi akan terlihat seperti sebuah alur cerita dan enak dilihat.

Kebutuhan album kenangan ini tidak hanya dibutuhkan bagi mereka yang menjelang perpisahan SMU, dewasa ini habis melakukan momen besarpun seperti perlombaan, liburan perpisahan kelas, dan lain-lain. Mereka ingin membuat album foto yang unik dan nyentrik. Tidak lain dengan membuat album kenangan, seperti album kenangan perlombaan Cheerleaders, pun sekarang sudah banyak yang meminati. Ingin foto-foto album pribadinya dirancang sedemikian rupa sehingga enak dilihat dan sangat berkesan. Kini sobat kreatif bisa mencobanya.

4. Kegiatan Bazar

Peluang usaha pelajar lainya yaitu Bazar, Event ini adalah kumpulan aktivitas penjualan barang-barang yang berkonsep. Jika bazar ada pada acara keagamaan, maka barang-barang jualan di bazaar mestinya berbau agamis seperti buku-buku, alat-alat ibadah, dan sandang pangan. Jika bazar tersebut ada pada acara sekolah, sudah tentu pelaku bazar harus menyediakan kebutuhan siswa-siswa untuk dijualbelikan.

Biasanya pelaku bazaar adalah siswa-siswa yang berminat. Pelakunya pada umumnya berkelompok. Barang-barang yang dijual untuk acara kesiswaan biasanya adalah buku, makanan, sksesoris keperluan sekolah.

Yang membuat bazaar lebih menarik adalah barang-barang yang dijual memiliki harga yang lebih murah disbanding harga barang yang terdapat di took atau pasaran. Oleh karena itulah maka biasanya acara bazaar akan banyak pengunjung yang datang.

5. MUG/PIN-UP/Bross, atau aksesoris lainya

Membuat Mug dan pin dengan gambar teman-teman sekelas juga menjadi salah satu bisnis yang potensial untuk siswa. Kalian dapat memanfaatkan momen ahir tahun untuk menjalankan bisnis ini.

6. Kaos / Jaket/Topi Komunitas, dll.

Jika di sekolah kalian terdapat atau memiliki komunitas, kalian dapat menawarkan ke komunitas tersebut seperti kaos/topi komunitas. Buatlah contoh desain yang unik dan menarik. Jika kalian berhasil ini akan menjadi lahan poendapatan kalian.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel