10 Peluang Usaha Ternak Potensial Dan Menguntungkan Di Tahun 2020

Jenis-jenis pelung usaha ternak menguntungkan di Tahun 20120 ini sangatlah banyak. Namun kalian harus pandai-pandai memilih jenis usaha ternak apa yang cocok untuk kalian tekuni. Untuk itu kali ini Pandbis.com akan berikan referensi usaha ternak terbaik Tahun 2020 ini.

Usaha ternak merupakan salah satu usaha yg banyak digeluti oleh mereka para entrepreneur, kebanyakan mereka memang memiliki kecintaan terhadap usaha peternakan.

Jika kalian tertarik, ada banyak sekali pilihan jenis usaha ternak yang bisa kalian jadikan usaha, seprti misalnya ternak burung merpati, kelinci, kambing, sapi, ayam bangkok, dan lainya.

Memilih jenis usaha ternak terbaik yg memamang dapat menguntungkan serta memiliki persaingan sedikit dan mudah dijalankan itu memang tidak mudah, setiap usaha yang terlihat memiliki prospek tentu banyak orang yang tertarik mejalankan usaha tersebut dan nantinya membuat persaingan jadi ketat. Namun sebagai seorang pengusaha, pantang rasanya menyerah dalam hal ini.

Untuk kalian yang membutuhkan referensi jenis usaha ternak apa yang lagi bagus untuk dijalankan, berikut ini caracaraku.info ada beberapa peluang usaha ternak yang memiliki prospek cerah dan tahan lama serta bisa mendatangkan banyak keuntungan simak penjelasannya berikut:


Gambar usha ternak budidaya kelinci potong


1. Usaha Ternak Kelinci Potong

Usaha ternak kelinci potong merupakan salah satu usaha yang prospek tahun ini. Banyak sekali yang menyukai daging kelinci, selain memiliki rasa yang berbeda. Daging kelinci juga bisa digunakan sebagai obat beberapa penyakit. Permintaan akan kelinci potong sangat tinggi. harganyapun juga lumayan bagus. Jadi kalian bisa membangun usaha ternak kelinci jika berminat. Usaha bididaya ternak kelinci cukup mudah dilakukan. Makanannya pun mudah di dapatkan dan tidak membutuhkan biaya yang besar. Untuk 1 induk kelinci betina sekali beranak bisa mencapai 7-10 ekor. Tentu dari hasil anakan kelinci ini kita dapat mengkalkulasikan berapa keuntungan yang kita peroleh nantinya.

2. Ternak Ayam Bangkok (ayam aduan)

Salah satu peluang usaha ternak yang berpeluang mendatangkan keuntungan tinggi yaitu ternak ayam Bangkok (ayam aduan).

Ayam Bangkok memiliki harga jual yang semakin hari semakin tinggi, untuk ayaman dengan kualitas indukan bagus anakannya saja bisa mencapai puluhan dan ratusan ribu. Dan untuk ayam pejantan yang memiliki kualitas bagus, apalagi sering menang dalam gelanggang harganya bisa nyampai jutaan rupiah loh.

Jadi gak ada salahnya kalian mencoba ternak ayam Bangkok ini. Cara merawatnya tidak sulit dan hanya butuh ketekunan saja. Dari segi pakan tidaklah sulit, sudah banyak disediakan por ayam khusus ayam ini  di toko-toko. Saat ini juga sudah banyak komunitas pecinta ayam Bangkok yang bisa kita jadikan media belajar untuk mengenal lebih jauh tentang perkembangan ayam ini.

3. Ternak Burung Dara/Merpati

Ternak burung merpati atau burung dara menjadi salah satu usaha ternak yang menguntungkan, sekarang ini kebutuhan akan daging dara di rumah-rumah makan atau restoran sangat tinggi, dan banyak dari mereka yang kekurangan stok ini. Karena itulah untuk satu ekor burung dara saja harganya bisa sampai puluhan ribu rupiah. Jadi ini jelas peluang usaha yang bagus untuk dijalankan. Ternak merpati sendiri tidaklah sulit, karena burung dara ini mudah dari segi pakan dan penyesuaian lingkungannya. Jadi siapapun dapat mencoba usaha ini.

4. Budidaya Ikan Lele

Lele merupakan jenis ikan air tawar yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Selain nilai gizinya yang tinggi serta harganya terjangkau membuat kebutuhan konsumsi ikan lele sangatlah tinggi. Bahkan bisa dibilang kekurangan stok. Itulah mengapa usaha budidaya ikan lele sangatlah prospek dan memiliki potensi keuntungan besar.

Namun perluy diketahui ikan lele termasuk jenis ikan yang sensitif terhadap cuaca dan lingkungan, untuk itu tidak jarang ikan ini tiba-tiba stress dan mati.

Maka jika kalian ingin membudidayakan ikan lele ini sebaiknya pahami dulu teknis dan strateginya agar nanti tidak salah dalam membudidayakanya.

Untuk saat ini harga perkilogram ikan lele segar berkisar antara Rp. 12.000,- - Rp. 15.000,-,

5. Budidaya Ikan Hias

Selain ikan lele, budidaya ikan hias juga memiliki prospek bagus di tahun 2018 ini. Selain peminatnya tinggi, harga jual ikan hias juga tinggi. Itulah mengapa banyak pengusaha yang sukses di bisnis ini.

Namun untuk membudidayakan ikan hias kalian harus mengetahui teknik membudidayakannya, sebab jika tidak tahu nanti bisa-bisa ikan stress dan mati yang membuat usaha kalian rugi.

Namun yakin jika ada kemauan pasti ada jalan. Kalian dapat belajar kepada teman atau orang yang sudah ahli dalam membudidayakan jenis ikan ini, dn juga kalian bisa belajar dari internet yang sudah banyak menjelaskan tentang cara membudidayakan ikan hias secara gambling dan lengkap.

6. Ternak Kambing (Penggemukan)

Usaha ternak kambing juga merupakan jenis usaha ternak yang cukup memiliki prospek bagus. Umumnya yang digunakan adalah jenis kambing potong (penggemukan).

Kalian dapat membeli kambing yang sedikit kurus dengan harga murah lalu kalian gemukkan dengan cara pemberian makanan protein dan nutrisi yang cukup maka kambingpun cepat gemuk. Umumnya para pengusaha penggemukan kambing  menjual kambingnya yang sudah digemukkan setiap 3 bulan sekali. ketika 3 bulan kambing yang tadinya kurus sudah berubah menjadi gemuk dan siap untuk dijual. Keuntungan yang diperoleh cukup besar. missal haga beli kambing kurus RP. 600.000 – 700.000 maka setelah proses penggemukan harga kambing bisa tembus Rp. 1.200.000,-  - Rp. 1.500,000,- . cukup lumayan bukan keuntungan yang diperoleh.

7. Budidaya Semut Rangkang

Yang diambil dari usaha ternak semut rangkang ini adalah kroto atau telur rangkang. Kroto atau telur rangkang biasanya digunakan sebagai pakan burung atau bahan sejenis. Harga kroto cukuplah tinggi untuk jenis kroto hidup per 1 kg nya bisa mencapai Rp. 80.000,-  –  Rp. 100.000,-. Wow harga yang cukup lumayan gede bukan. Jadi banyangkan jika kalian memiliki usaha kroto dan setiap harinya mampu panen kroto 3 kg saja maka hasilnya bisa kalian kalikan sendiri.

8. Ternak Puyuh

Kebutuhan dan Permintaan telur puyuh setiap harinya semakin meningkat. Harga jualnyapun juga relative menguntungkan. Saat ini belum banyak yang beternak puyuh. Jadi peluang untuk menguasai pasar di daerah kalian sangatlah terbuka. Beternah burung puyuh cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun.  Keuntungan yang ditawarkan juga lumayan. Untuk harga jual telur puyuh per 1 kg nya bisa mencapai 21.000, - 25.000,- jadi silahkan kalian ambil peluang ini jika tertarik.

9. Budidaya Jangkrik

Saat ini harga jangkrik cukuplah tinggi, kebutuhan akan jangkrik setiap hari semakin bertambah. Nah, peluang ini dapat kalian ambil untuk membangun usaha budidaya jangkrik. Harga jangkri saat ini perkil gramnya bisa menembus 50 ribu hingga 60 ribu. Dalam beternak jangkrikpun modalnya cukup kecil dan bisa dijalankan dengan mudah. Jadi kenapa kalian tidak ambil peluang ini.

10 Ternak Budidaya Cacing Sutera

Salah stu usaha yang menjanjikan keuntungan besar yaitu budidaya cacing sutera. Kebutuhan akan cacing sutera sangatlah tinggi, itulah yang membuat harga jualnya juga tinggi.

Untuk budidaya cacing jenis ini, memang dibutuhkan ketekunan dan ketelitian serta memahami teknisnya dengan baik. Namun jika kalian memiliki kemauan dan mau belajar bukan tidak mungkin kalian akan sukses dalam usaha ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel