Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memotret Teks Dengan Detail Lebih Tajam

Gambar cara memotret teks/tulisan di buku

Saat memotret teks agar hasilnya lebih detail dan tajam seorang fotografer harus melakukan setting kamera dengan tepat. Apa jadinya jika kita tidak tahu teknik setting kamera digital yang pas, saat memotret teks/tulisan terkadang tulisan tampak blur dan kurang jelas. Apakah penyebabnya, Apakah ada lensa khusus untuk menangani masalah ini?

Sebenarnya tidak perlu lensa khusus, lensa yang dipaket dengan kamera seperti 18-55mm, 35mm atau 50mm sudah cukup baik, asal setelannya oke.

Pertama, untuk kualitas terbaik ISO diset ke 100, lalu bukaan lensa diset ke f/8. Biasanya dengan f/8, ketajaman foto bisa mencakupi dari ujung ke ujung. Kemudian tempatkan kamera ke tripod, supaya saat memotret, getaran tangan tidak membuat foto menjadi blur.

Jangan lupa juga perhatikan pencahayaan. Pencahayaan yang bagus adalah yang menyinari permukaan kertas secara merata. Jika memungkinkan gunakan jendela yang besar dengan matahari sebagai sumber cahaya atau flash yang kepalanya dipantulkan ke langit-langit jika memotret di dalam ruangan.

Di dalam kamera, biasanya juga ada fungsi seperti picture style (Canon), picture control (Nikon), atau creative style (Sony), di preset tersebut, bisa diatur tingkat ketajaman (sharpness) dan kontras (contrast) sesuai selera/keinginan.

Original post : http://inet.detik.com/read/2015/08/24/100937/2999293/1353/tips-memotret-teks-supaya-detail-dan-tajam