Pengertian Asuransi Di Indonesia

Asuransi merupakan sebuah istilah kata yang sering kita dengar. Namun apakah anda tahu tentang pengetian asuransi di Indonesia.

Kata Asuransi merujuk kepada sebuah lembaga penjaminan baik  untuk jiwa, kesehatan, dan harta benda seseorang ataupun organisasi.

pengertin asuransi

Definisi Asuransi sendiri juga disebutkan dalam Undang-Undang No. 2 Tahun 1992. Dalam UU Asuransi ini melegalkan dan juga mengatur keseluruhan tentang tata cara pengelolaan Asuransi di Indonesia.

Secara umum pengertian asuransi sendiri adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada tindakan, sistem, atau bisnis di mana perlindungan finansial (atau ganti rugi secara finansial) untuk jiwa, properti, kesehatan dan lain sebagainya mendapatkan penggantian dari kejadian-kejadian yang tidak dapat diduga yang dapat terjadi seperti kematian, kehilangan, kerusakan atau sakit, di mana melibatkan pembayaran premi secara teratur dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan tersebut. Sementara ada Istilah "diasuransikan" ini biasanya merujuk pada segala sesuatu yang mendapatkan perlindungan/jaminan.

Dalam bisnisnya Perusahaan Asuransi menggunakan Ilmu Aktuaria untuk menghitung semua resiko dan keuntungan yang perusahaan terima. Ilmu Aktuaria akan dapat menghitung risiko yang mereka perkirakan. Ilmu aktuaria ini menggunakan matematika, terutama statistika dan probabilitas, yang dapat digunakan untuk melindungi risiko untuk memperkirakan klaim di kemudian hari dengan ketepatan yang dapat diandalkan.

Untuk membahas lebih lanjut tentang sitim perhitungan perusahaan Asuransi/Penanggung menggunakan ilmu aktuaria ini akan kami bahas lebih lanjut.

Baca juga tentang Definisi Asuransi Dari Sudut Hukum, Finansial, Dan Sosial

Itulah penjelasan tentang Pengertian Asuransi di Indonesia, semoga infomasi ini dapat membantu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel