Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Definisi Asuransi Dilihat dari Sudut Hukum, Finansial, Dan Sosial

Jika sebelumnya telah KIA jelaskan tentang pengertian asuransi secara umum, kali ini mari kita ketahui Definisi Asuransi dilihat dari sudut pandang Hukum, Finansial, dan Sosial.

Asuransi menurut hukum

Definisi Asuransi dari sudut Hukum yaitu; Merupakan suatu kontrak (perjanjian) pertanggungan risiko antara tertanggung dengan penanggung. Penanggung berjanji akan membayar kerugian yang disebabkan risiko yang dipertanggungkan kepada tertanggung. Sedangkan tertanggung membayar premi secara periodik kepada penanggung. Jadi, tertanggung mempertukarkan kerugian besar yang mungkin terjadi dengan pembayaran tertentu yang relatif kecil.

Definisi Asuransi dari sudut Finansial yaitu; Sebagai suatu alat untuk mengurangi risiko yang melekat pada perekonomian, dengan cara manggabungkan sejumlah unit-unit yang terkena risiko yang sama atau hampir sama, dalam jumlah yang cukup besar, agar probabilitas kerugiannya dapat diramalkan dan bila kerugian yang diramalkan terjadi akan dibagi secara proposional oleh semua pihak dalam gabungan itu.

Definisi Asuransi dari sudut Sosial yaitu; Sebagai organisasi sosial yang menerima pemindahan risiko dan mengumpulkan dana dari anggota-anggotanya guna membayar kerugian yang mungkin terjadi pada masing-masing anggota tersebut. Kerugian setiap anggota dipikul bersama.

Baca juga tentang Prinsip Dasar Asuransi Indonesia