Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Produk Asuransi Yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Gambar memilih produk asuransi yang aman dan tepat sesuai dengan kebutuhan

Saat ini asuransi nampaknya telah menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Karena itu banyak sekali produk-produk asuransi yang ditawarkan. Mulai dari asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, sampai asuransi syari’ah. Semakin banyak dan beragamnya produk asuransi semakin menuntut seseorang untuk bijak dalam memilih dan menentukan asuransi yang paling di butuhkan. Karena masing-masing agen asuransi selalu mengatakan bahwa asuransinya-lah yang terbaik. Dengan segala penawaran juga keuntungan (benefit) yang di iming-imingkan jangan sampai kita salah dalam menentukan dan memilih asuransi yang tepat sesuai dengan kebutuhan kita.

Memilih asuransi yang tepat menjadi hal penting yang harus diperhatikan oleh setiap orang yang ingin mengambil produk asuransi.

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih agen asuransi, agar nantinya anda tidak menyesal dan asuransi yang anda bayarkan setiap bulannya sesuai dengan yang anda harapkan:

Fokus pada apa yang anda butuhkan

Dengan fokus pada kebutuhan anda dapat menentukan mana asuransi yang benar-benar anda butuhkan. Semisal anda sudah memiliki anak, sedang anda khawatir tentang masa depan pendidikannya, maka pilihlah asuransi pendidikan untuk anak anda. Begitu juga dengan asuransi-asuransi lainnya seperti asuransi, jiwa, asuransi kesehatan juga asuransi syari’ah. Yang terpenting prioritaskan kebutuhan yang anda anggap benar-benar anda perlukan.

Tujuan Asuransi

Setelah menentukan asuransi pilihan anda, hal selanjutnya yang harus anda pikirkan adalah tujuan. Apa tujuan dari asuransi yang anda ambil. Apakah benar-benar untuk proteksi (perlindungan) atau juga untuk investasi. Namun asuransi sebagai investasi masih bisa dibilang pro dan kontra. Jadi tetapkan tujuan anda pada yang pasti-pasti saja. Jangan sampai nantinya anda menyesal.

Pelajari polis asuransi

Dengan mempelajari polis asuransi, anda menjadi tahu apa saja yang ditanggung agen asuransi dan apa saja yang tidak ditanggung. Dengan begitu menjadi jelas, sehingga nanti bila terjadi sesuatu anda tidak menuntut agen asuransi yang memberikan reward tidak sesuai harapan anda. Karena semua sudah tertera dalam polis asuransi. Itulah gunanya mempelajari polis dalam asuransi.

Premi (Semakin mahal semakin banyak)

Biasanya semakin mahal premi yang anda bayarkan maka semakin banyak juga proteksi asuransi yang anda dapatkan. Jangan berharap mendapatkan fasilitas yang mewah jika premi yang anda bayarkan terbilang murah. Jadi jangan berharap lebih jika anda enggan tertatih.

Bandingkan produk asuransi dengan perusahaan asuransi lainya

Dalam memilih asuransi yang tepat, perbandingan sangat di perlukan. Jadi bandingkan beberapa agen asuransi dan pelajari kelebihan serta kekurangannya sebelum anda memutuskan untuk memilih. Jika anda bingung karena masing-masing agen asuransi mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing maka anda harus kembali fokus pada kebutuhan anda. Dengan fokus, anda bisa terhindar dari salah pilih.

Keadaan finansial Anda

Sebelum memilih asuransi, hal yang tak kalah penting untuk di perhatikan adalah kondisi keuangan anda. Perhatikan keadaan finansial anda, jangan memaksakan diri untuk mengambil asuransi dengan premi tinggi (mahal) jika kondisi keuangan anda tidak mampu. Sayang kan, bila asuransi terhenti di tengah jalan karena alasan finansial.

Kenali Perusahaan Asuransi yang Menawarkan Produk

Yang terahir anda harus mengenal perusahaan asuransi tersebut. Ketahui seluk-beluk perusahaan meliputi umur perusahaan, Award/prestasi serta kredibilitas perusahaan, permodalan, arah investasi perusahaan selai permodalan, dan lainya. Anda dapat bertanya tentang detail perusahaan asuransi dengan nasabah lain atau pertugas asuransi,  bisa juga dengan mencari informasi dengan browsing di internet.

Itulah tips cara memilih produk asuransi yang tepat sesuai dengan kebutuhan kita. Semoga apa yang KIA bagikan bermanfaat buat anda.