Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apasih Pengertian Asuransi Jiwa Itu?

Jika anda bertanya tentang Apasih pengertian asuransi jiwa itu? maka dapat kami jelaskna bahwa salah satu jenis asuransi di Indonesia yaitu Asuransi jiwa.

Asuransi jiwa adalah salah satu jenis asuransi yang bertujuan menanggung orang atas kerugian finansial tak terduga yang disebabkan karena meninggalnya terlalu cepat atau hidupnya terlalu lama.
Dari penjelasan diatas tergambar bahwa ada dua resiko yang dihadapi dalam asuransi jiwa yaitu: 1). Resiko kematian,  2). Hidup seseorang terlalu lama.

Hal ini sudah barang tentu akan membawa banyak aspek, apabila risiko yang terdapat pada diri seseorang tidak diasuransikan kepada perusahaan asuransi jiwa. Umpamanya jaminan untuk keturunan, seorang bapak kalau meninggal dunia sebelum waktunya atau dengan tiba-tiba, si anak tidak akan terlantar dalam hidupnya.

Pengertian asuransi jiwa

Bisa juga terjadi terhadap seseorang yang telah mencapai umur ketuaannya dan tidak mampu untuk mencari nafkah atau membiayai anak-anaknya, maka membeli asuransi jiwa, risiko yang mungkin diderita dalam arti kehilangan kesempatan untuk mendapat penghasilan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Ternyata disini, bahwa lembaga asuransi jiwa ada faedahnya dengan tujuan utama ialah untuk menanggung atau menjamin seseorang terhadap kerugian-kerugian finansial.

Asuransi jiwa di Indonesia dipandang penting dan dapat memberikan kenyamanan serta kedamaian hidup seseorang. Asuransi jiwa dapat membantu seseorang bebas pikiran was-was. Sepenting apakah asuransi jiwa itu?

Melihat data dan fakta di Indonesia bahwa:
  1. Dari 7 orang yang meninggal di Indonesia, 1 diantaranya karena stroke.-Kementerian Kesehatan Indonesia, 2011.
  2. Kematian akibat penyakit tidak menular meningkat menjadi 59,5% pada tahun 2007.-Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih, 2011.
  3. Berdasarkan survei World Health Organization (WHO) 2002, 10 penyebab kematian di Indonesia adalah jantung koroner, tuberkolosis, kelainan pembuluh darah, penyakit pernafasan, penyakit bayi baru lahir, penyakit paru-paru, kecelakaan lalu lintas, diabetes mellitus, darah tinggi, dan diare.
  4. Tower Watson 2011 Global Medial Trends menyebutkan biaya pengobatan kesehatan di Indonesia meninggkat 10 hingga 14% dalam tiga tahun terakhir.

Melihat data dan fakta diatas jelas bahwa itu cukup memberikan alasan akan pentingnya asuransi jiwa bagi masyarakat Indonesia.  semoga bermanfaat!