Apa Sih Pengertian Polis Asuransi Itu?

Di dalam asuransi ada istilah yang disebut dengan Polis Asuransi. Banyak dari mereka yang belum tahu apasih Pengertian Polis Asuransi itu? Istilah polis asuransi dipakai sebagai bentuk hubungan antara nasabah dan perusahaan asuransi yang memberikan jaminan penanggungan atas seutu kontrak perjanjian antara keduanya.

Pengertian Polis Asuransi

Secara umum dapat dijelaskan bahwa Polis Asuransi adalah suatu perjanjian asuransi atau pertanggungan bersifat konsensual (adanya kesepakatan), harus dibuat secara tertulis dalam suatu akta antara pihak yang mengadakan perjanjian. Pada akta yang dibuat secara tertulis itu dinamakan “polis”. Jadi, polis adalah tanda bukti perjanjian pertanggungan yang merupakan bukti tertulis.

Jadi pada intinya definisi dari polis asuransi yaitu dokumen asuransi yang di dalamnya berisi kesepakatan antara pihak tertanggung (nasabah) dengan penanggung (pihak asuransi). Jadi, polis asuransi itu merupakan kontrak perjanjian bahwa perusahaan asuransi akan menanggung sejumlah kerugian pada masa mendatang yang mungkin timbul pada nasabah asuransi. Kadang, orang-orang menyebut polis asuransi ini juga dengan istilah 'kontrak', 'kontrak polis', atau 'sertifikat asuransi'.

Contoh buku polis suransi jiwa

Untuk mengetahui secara lengkap tentang Istilah-Istilah Dalam Asuransi silahkan baca postingan kami sebelumnya tentang Kamus Asuransi.

Funsi Polis Asuransi


Polis asuransi sangat penting bagi nasabah maupun perusahaan asuransi. Fungsi polis asuransi sendiri yaitu:


  1. Sebagai bukti tertulis bagi kedua belah (tertanggung dan penanggung) dalam perjanjian yang sudah disepakati.
  2. Untuki nasabah, adanya polis berarti adanya jaminan penggantian kerugian dari pihak asuransi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti tertera dalam polis. Sedang bagi perusahaan asuransi, polis berarti bukti tanda terima premi dari nasabah.
  3. Untuk nasabah, adanya polis berarti bukti pembayaran premi kepada asuransi. Dengan polis itu juga, nasabah bisa menuntut pihak asuransi jika tidak memenuhi kewajiban seperti kesepakatan dalam polis asuransi.


Itulah penjelasan tentang pengertian dan fungsi Polis Asuransi. Semoga sediikit penjelasan ini bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel