Menambah Kualitas Setting Exposure

Gambar cara setting exposure yang tepat dalam fotografi digital

Kualitas exposure menjadi bagian penting yang harus diperhatikaan agar dapat memperoleh foto dengan komposisi yang sempurna. Untuk itu setting exposure yang tepat dan benar diperlukan.
Kamera digital merupakan teknologi pintar yang memberikan kemudahan bagi fotografer  dan membantunya memperoleh foto dengan kompisisi yang tepat dan sempurna. Untuk itu ada tiga metode bantuan yang ada pada kamera digital prosumer.

Histogram 

Tool ini banyak digunakan oleh fotografer amatir. Histogram adalah grafik yang membantu anda mengetahui pencahayaan (brightness) gambar yang tertangkap oleh kamera. Bagian kiri grafik menunjukkan jumlah piksel gelap dan bagian kanan untuk piksel terang. Jadi jika grafik terlihat lebih tinggi dibagian kiri, foto yang anda ambil terlalu gelap (under-exposed) dan jika grafik terlihat lebih tinggi dibagian kanan maka foto yang anda ambil terlalu terang (over-exposed).

Untuk mendapatkan pencahayaan atau exposure yang tepat, histogram harus terlihat lebih tinggi di bagian tengah.

Anda tidak perlu melihat histogram ini secara terus menerus. Experiment bisa membantu anda mendapatkan setting exposure yang tepat untuk hasil foto yang sempurna.

Exposure Compensation

Jika ada area tertentu yang terlalu terang, agak sulit mendapatkan setting exposure yang tepat. Disinilah diperlukan adanya exposure compensation atau exposure value (EV).

Anda dapat membuka atau menutup aperture untuk menambah atau mengurangi cahaya yang masuk. Pilihan exposure compensation dapat anda temukan di setting-an kamera, yang ditunjukkan dengan skala yang memiliki range dari +2 (atau lebih tinggi) sampai -2 (atau lebih rendah).

Skala yang lebih tinggi akan menambah cahaya yang lebih banyak pada gambar yang dibutuhkan saat pengambilan foto dalam cahaya remang-remang. Sedangkan skala negatif akan menjadikan gambar semakin gelap.

Bracketing

Agar terhindar dari kesalahan men-setting exposure, anda bisa menggunakan metode bracketing. Dalam mode bracketing kamera anda akan menghasilkan tiga gambar sekaligus dalam sekali penekanan tombol shutter. Salah satu dari tiga gambar tersebut menggunakan setting exposure yang telah anda set sebelumnya, sedangkan dua gambar yang lain menggunakan setting exposure yang rendah dan tinggi.

Anda dapat juga mengubah settingan exposure pada ketiga gambar tersebut secara manual.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel