Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Melihat Perbedaan Kamera Digital Dengan DSLR

Jika anda adalah seorang fotografer tentu sudah mengenal apa itu DSLR dan perbedaannya dengan kamera digital biasa yang sering kita lihat.

Gambar Digital SLR professional photographer
DSLR

Kamera Digital dengan DSLR memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tentu dua jenis kamera yang memiliki perbedaan yang mendasar dari segi kualitas dan fungsinya.

Sebagai seorang pemula yang ingin belajar tentang fotografer sebaiknya ketahui dulu perbedaan kamera Digital dan DSLR. Ini karena penggunaan jenis kamera akan membantu anda untuk menjadi seorang fotografer yang handal.

Gambar digital camera photo view hobby support
Kamera Digital Prosumer

Ada beberapa perbedaan DSLR dengan kamera digital pada umumnya. Perbedaan itu terletak pada desain pantulan cahaya. DSLR dan kamera digital umunya memang sedikit banyak ada beberapa perbedaan yg mendasar, perbedaan mendasar itu terletak pada desain pantulan cahaya, dimana pada kamera digital umumnya fungsi sensor untuk menangkap cahaya (gambar) dari lensa akan bekerja terus menerus dan diteruskan ke Liquid Crystal Display (LCD) atau elektronik viewfinder.

Sedangkan pada DSLR, gambar akan ditampilkan ke optikal viewfinder hasil dari cahaya yg dipantulkan melalui cermin dan pentaprisma. Dalam hal ini berarti pada kamera biasa sensor akan bekerja terus menerus untuk menampilkan gambar ke LCD atau elektronik viewfinder, sedangkan pada DSLR sensor hanya bekerja pada saat pengambilan photo saja.

Tapi sekarang ini perkembangan live-view pada DSLR sudah memungkinkan seseorang untuk melihat objek photo melalui LCD, walau dengan beberapa batasan-batasan yg dimilikinya.

Jika disimpulkan, ada beberapa karakter utama pada DSLR yaitu:

  1. Apa yg kita lihat adalah apa yg lensa lihat.
  2. Lensa dapat diganti-ganti (dipasang atau dilepas) sesuai dengan kebutuhan.
  3. Biasanya memiliki ukuran sensor yg besar yg akan menghasilkan gambar lebih baik.
  4. Jeda waktu (lag time) jauh lebih singkat dibandingkan kamera biasa yg menyebabkan jenis kamera digital dapat diandalkan kecepatan kerjanya.


Uraian singkat ini semoga bisa membantu anda mengetahui perbedaan DSLR dengan kamera digital biasa seperti yang sering kita lihat. Ok Good Luck dan tetap semangat belajar.