Mengenal Jenis - Jenis Kamera Digital

Ada beberapa jenis – jenis kamera digital yang ada dan sering digunakan untuk memotret objek. Mengenal bentuk dan jenis kamera sangat penting dilakukan oleh seorang fotografer. Hal ini disamping kita menambah pengetahuan tentang kamera juga akan tahu fungsi dan kegunaannya serta kualitas gambar yang dihasilkan suatu kamera. Ketika kita sudah mengetahui fungsi dan kualitas kamera maka kita sudah dapat memilih mana jenis kamera yang cocok dipakai dalam memotret objek bidikan.

Berdasarkan bentuk, ukuran, fungsi dan kegunaanya, kamera digital dikategorikan dalam 4 jenis. Ke empat jenis itu kami rangkum dalam artikel ini dengan  judul macam dan jenis kamera digital. Ok. Mari sama-sama kita simak jenis-jenis kamera digital Yg ada.

Gambar pemakaian digital camera phone

Kamera digital ponsel (digital camera phone)

Merupakan jenis kamera digital dengan ukuran yg kecil. Kamera digital jenis ini sebenarnya merupakan pengaplikasian teknologi kamera digital pada piranti elektronik jenis lainya yaitu telepon seluler. Pada awalnya camera digital yg terdapat pada telephone sellular merupakan fasilitas tambahan yg tawarkan oleh produsen telephone cellular, sehingga fungsi dan kegunaanya belum dapat diandalkan untuk membuat sebuah foto digital yg berkualitas baik.  Namun seiring berkembangya technology  serta tingkat persaingan antara produsen telephone cellular, camera digital ini berubah menjadi sangat baik dan dilengkapi dengan berbagai fitur-fitur yg menarik dan canggih.

Gambar unique pocket digital camera


Kamera digital saku (pocket digital camera)

Kamera jenis ini adalah kamera otomatis yg menggunakan format pengambilan gambar dan penyimpanan digital dengan ukuran kecil dan ringan sehingga mudah dibawa-bawa dan dapat dimasukkan kedalam saku. Camera digital jenis ini memiliki fitur dan kelengkapan yg masih sangat terbatas dan semuanya bekerja secara otomatis, sehingga memudahkan para penggunanya dalam menghasilkan sebuah foto digital. Camera digital jenis ini dikenal karena kepraktisanya dan bentuknya yg kecil.

Gambar kamera digital prosumer terbaik


Kamera digital prosumer (prosumer digital camera)

Adalah jenis kamera digital yg menjembatani antara camera digital saku yg kecil dengan jenis camera digital SLR (DSLR) yg berbentuk besar. kamera digital prosumer identik dengan kamera serius yg punya bodi mirip kamera DSLR dan berlensa panjang namun tidak bisa dilepas-pasang layaknya lensa pada kamera DSLR. Perkembangan technology photografi digital masa kini telah mengantar kamera prosumer menjadi kamera praktis yg bisa diandalkan untuk photografi sehari-hari, mulai dari memotret makro, landscape, hingga foto tele di alam terbuka.

Gambar kamera Digital SLR / single-lens reflex digital camera antik berkualitas


Kamera digital SLR (single-lens reflex digital camera)

Digital single lens reflex (Digital SLR atau DSLR) adalah kamera digital yg menggunakan system cermin otomatis dan pentaprisma atau pentamirror untuk meneruskan cahaya dari lensa menuju ke viewfinder/pembidik.

Cara kerja DSLR adalah sebagai berikut: untuk tujuan melihat objek, cermin akan memantulkan cahaya yg datang dari lensa menuju keatas dengan sudut sekitar 90 derajat. Kemudian cahaya dipantulkan oleh pentaprisma ke mata fotografer. selama proses pengambilan foto, cermin akan bergerak membuka ke atas dan jendela rana membuka yg memungkinkan lensa memproyeksiakan cahaya menuju ke sensor penerima gambar.

Keempat jenis kamera digital ini memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Semoga informasi ini bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel