Inilah Kesalahan Yang Sering Dilakukan Oleh Fotografer Pemula

Ada banyak sekali daftar kesalahan yang sering dilakukan oleh seorang fotografer pemula, namun hal ini sering tidak disadarinya. Apa sajakah daftar kesalahan itu?

Seorang fotografer pemula melakukan beberapa kesalahan dalam proses pemotretan itu hal yang sering terjadi, ini karena seorang fotografer pemula masih belum memahami teknik-teknik fotografer  yang benar dan dia masih belum mahir dalam melakukan pemotretan.

Image fatal error in the photographer

Jika Anda ingin belajar fotografer dan menekuni dunia ini, sebaiknya ketahui dulu beberapa kesalahan-kesalahan penting yang tidak boleh dilakukan dalam fotografer.

  1. Kesalahan yang dilakukan fotografer tertinggi pada pemakai camera digital  yaitu sampai 35,2 persen, adalah battere habis. Kamera memang hanya bekerja kalau ada battere di dalamnya. Maka, camera digital yang laris umumnya punya battere yang awet, minimal untuk bisa melayani 500 kali pemotretan.
  2. Salah focus, kesalahan ini dengan presentase 16,8 persen. Kesalahan ini umumnya menyangkut focusing pit  alias fokus lari ke bidang nun jauh disana.
  3. Seringnya gambar kabur akibat kamera goyang saat di gunakan, yaitu encapai 29,3 persen. Goncangan kamera alias camera shake memang kesalahan pemakai. Namun kamera yang baik akan meminimalkan hal ini dengan bentuknya yang ergonomis dan kecepatan rana yang lebih tinggi.
  4. Kesalahan keenam yaitu Foto terlalu gelap (19,3 persen)
  5. Memori penuh (16,5 persen)
  6. Selanjunya yang sering tidak disadari yaitu foto terlalu terang (12,2 persen)
  7. Kesalahan white balance (6,8 persen)
  8. Salah penyetelan piksel (10 persen),
  9. Salah kecepatan rana (5,4 persen), dan
  10. Salah ISO (3,7 persen).
  11. Selanjutnya yaitu gambar kabur akibat goyangan subyek yang difoto, yaitu dengan 22,7 persen. Kesalahan ini adalah akibat pemakai salah memperkirakan kecepatan rananya.
  12. “Time lag”, yaitu terlambatnya memotret adegan akibat kelambatan sang kamera bereaksi. Time lag yaitu jeda antara saat rana ditekan dan saat kamera bereaksi.

Itulah beberapa kesalahan dalam fotografer yang dianggap ringan namun memiliki efek penting dalam hasil pemotretan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel